Sabtu, 24 Maret 2012

KHASIAT LENGKUAS

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Di Indonesia, tumbuhan ini banyak ditemukan dan biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bumbu masak.

Tetapi tahukah Anda, bahwa lengkuas ternyata mempunyai manfaat sebagai obat? Tumbuhan yang termasuk dalam keluarga rimpang ini rupanya telah banyak digunakan oleh para ahli homeopati dan profesional kesehatan sebagai obat. Mau tahu apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari tumbuhan yang mirip jahe ini? Berikut adalah penjabarannya seperti dikutip Times of India:

- Lengkuas mengandung anti-inflamasi dan karena itu bermanfaat dalam pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis (radang sendi).

- Membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena peradangan pada perut atau bisul.

- Untuk mencegah mabuk laut dan mual, Anda dapat mengunyah beberapa iris lengkuas segar. Metode ini dipercaya dapat secara efektif menghentikan rasa ingin muntah.

- Lengkuas mengandung sejumlah anti-oksidan yang membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya dalam tubuh.

- Untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, Anda bisa memasukkan lengkuas dalam menu diet harian. Sirkulasi darah yang lancar pada akhirnya berkontribusi dalam menjaga jantung tetap sehat.

- Jika Anda menderita diare, kunyah beberapa iris lengkuas segar sebagai pengobatan alternatif.

- Lengkuas mengandung banyak senyawa penting yang dibutuhkan oleh manusia seperti zat besi, sodium, vitamin A dan C, flavonoid dan fitonutrien.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2012/01/26/1328115/Mengintip.Manfaat.Lengkuas.Sebagai.Obat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar