Minggu, 25 Maret 2012

KHASIAT TEMULAWAK

TEMULAWAK (Curcuma zanthorrhiza Roxb)

Khasiat :

1. Menghilangkan Bau Badan

Siapkan 1 rimpang temu lawak, tumbuk halus, rebus dengan 1 liter air
Hingga mendidih. Saring, dinginkan, dan minum 2 kali 1 cangkir sehari.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Siapkan 2 rimpang temu lawak, ¼ rimpang lengkuas, dan ½ genggam
Daun meniran. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih
Dan tersisa 2 gelas. Saring, dinginkan , minum 2 kali ½ gelas sehari.

3. Meningkatkan vitalitas Tubuh

Siapkan 50 gram rimpang temu lawak yang masih muda. Bersihkan rimpang tersebut lalu parut. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga mendidih, dinginkan, tambahkan madu, lalu minum 2 kali 1 gelas sehari.

4. Mengatasi Sakit Kepala dan Masuk Angin

Siapkan 2 rimpang temu lawak, iris tipis-tipis, keringkan, lalu tumbuk sampai menjadi tepung. Rebus tepung tersebut dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Saring dan minum airnya 2 kali sehari (pagi dan sore) masing-masing ½ gelas.

5. Mengatasi Sembelit

Siapkan 1 rimpang temu lawak dan biji sawi secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, seduh dengan air panas secukupnya, saring, dan minum airnya.

6. Mengatasi Maag

Siapkan 1 rimpang temu lawak, iris tipis-tipis, dan keringanginkan.
Rebus irisan temu lawak tersebut dengan 6 gelas air sampai mendidih, lalu saring. Minum air rebusan ini 1 kali 1 gelas per hari.

7. Mengobati Sariawan

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 3 mata buah asam, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan yang sudah dibersihkan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan minum air rebusannya 1 kali 1 gelas per hari.

8. Menghilangkan Jerawat

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 1/2 rimpang kencur, 1/4 sdm biji jintan 1 tangkai buah asam matang, dan gula aren secukupnya. parut rimpang temulawak dan rimpang kencur, kemudian campur dengan rimpang biji jintan, asam, dan gula aren. Tambahkan 8 gelas air dan rebus sampai mendidih. Minum air saringannya pada malam hari.

9. Menghilangkan amis sewaktu haid

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 5 buah mata asam, dan gula kelapa. Rimpang temulawak di iris tipis-tipis dan di angina-anginkan selanjutnya, campur dengan bahan lain, tambahkan 2 gelas air, lalu rebus hingga mendidih selama 15 menit. Minum air saringan nya sehari sekali selama tiga hari.

10. Menambah ASI

Siapkan 1 ½ rimpang temu lawak, 2 sendok tepung sagu, dan gula kelapa. Parut rimpang temu lawak, lalu rebus bersama bahan lain dengan 1 liter air sampai mendidih. Minum air saringannya 2 kali 1 cangkir per hari.

Sumber : http://www.tokomarwa.blogspot.com/2008/08/khasiat-temulawak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar