Kamis, 22 Maret 2012

KHASIAT KUNYIT

Berikut ini khasiat kunyit (Curcuma domestica) untuk kesehatan

1. Ketombe

Secara alami, kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe, ambil kunyit, kupas, cuci bersih, dan tumbuk. Ambil sarinya dan gosokkan ke kulit kepala sambil di pijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga ketombe hilang.

2. Jerawat

Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci, dikupas, lalu di iris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan gula pasir 1 sdm. Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong. Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang.

3. Perawatan Kulit Tubuh

Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit, lantas dikupas kulitnya dan dicuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tersebut, lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras. Selanjutnya, campurkan pati kunyit dan pati beras, lantas oleskan keseluruh bagian badan secara merata. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

4. Haid Tidak Lancar

Guna mempelancar haid, sediakan 2 rimpang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2 genggam daun sri gading. Tumbuk halus bahan tersebut, masukkan ke dalam panci, lalu tambahkan 1 liter air. Rebus sampai mendidih, kemudian saring. minum hasil saringannya satu gelas sehari.

5. Diare

Ambil ½ rimpang kunyit dan 1 sdt air kapur. rimpang dicuci lalu di iris-iris tipis. Masukkan kedalam panci berisi 1 gelas air dan rebus hingga airnya tinggal 1/3nya. Tambahkan air kapur. Silakan diminum 3 kali sehari. namun, bagi yang alergi terhadap minyak asiri, minum air kunyit justru akan membuat diare berlanjut.

6. Hepatitis

Ambil satu rimpang kunyit, cuci bersih, dan parut. Campurkan dengan 2 sdm air panas dan 1 sdm madu. Peras dan saring. Minum air perasan kunyit ini 3 kali sehari sampai sembuh.

7. Diabetes Mellitus

Siapkan 1 rimpang kunyit, lalu cuci, dan iris tipis- tipis. Tambahkan ½ sdt garam. Masukan kedalam panci berisi 1 liter air dan rebus hingga mendidih. Saring dan minum airnya ½ gelas sehari.

8. Rematik.

Satu rempang kunyit dirajang, lalu dicampur dengan minyak kelapa sampai merata. Oleskan atau tempelkan ramuan tersebut pada sendi-sendi yang terasa nyeri. Biarkan sepanjang malam, lalu ulangi lagi hingga sembuh

9. Borok.

Ambil 1 rimpang kunyit, cuci bersih, dan parut. tambahkan sedikit minyak kalapa. Bungkus dengan daun pisang dan panggang di atas api sampai panas. Biarkan agak dingin, lalu oleskan pada borok.

Sumber : http://www.tokomarwa.blogspot.com/2008/08/khasiat-kunyit_18.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar